Hai sobat IndoZone..!!!
Bagaimana kabar kalian..?? J Kita
akan belajar 3D Max lagi. Tutorial kali ini adalah “Camera Map”. Dalam tutorial
ini, kita akan memfaatkan fitur Modify Object pada 3D Max. Modify yang kita
gunakan kali ini adalah Modifier Camera Map.
Hasilnya bisa di lihat di gambar samping berikut ini.
Penasaran bagaimana cara membuatnya...??? Langsung ke TKP J
Langkah-langkah :
1. Buat sebuah box kecil nan tipis seperti gambar dibawah. Ukuran lebih detilnya, saya mengaturLength=15, Width=15, dan height=1,5.
2. Nah, duplikat objek kotak tersebut agar membentuk kotak yang lebih besar lagi. Untuk meng-copy objek, drag objek pada sumbu x sambil menahan tombol Shift pada keyboard. Pada jendela Clone Option yang muncul, atur nilai number of copies=7.
3. Seleksi semua objek dan copy lagi seperti cara diatas agar membentuk sebuah kotak.
4. Di viewport perspektif, hasilnya adalah seperti ini:
5. Objek tersebut masih belum menyatu. sebelum menyatukannya, ubah salah satu kotak menjadiEditable Mesh. Caranya, klik kanan salah satu kotak > Convert to > Convert to Editable Mesh.
6. Pada Modifier Editable Mesh, klik tombol Attach List.
7. Pada jendela Attach List yang muncul, seleksi semua objek dan klik tombol Attach.
8. Klik tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Pilih pada slot
pertama, dan pada Diffuse,
klik tombol dan pilih bitmap. Silahkan pilih gambar sesuai selera agan untuk
dijadikan material. Kalau saya pilih gambar elang gan...
9. Coba drag slot pertama ke objek di viewport. Nah, seperti yang sudah saya bilang diatas, tekstur bakal menempati masing-masing elemen saja. Solusinya, tambahkan Modifier list: Camera Map.
10. Eits, Sebelum menambahkan Camera Map, buat cameranya dulu gan. Di viewport Top, tekan tombol P untuk menggantinya dengan perspektif.
11. Pada menu View > Create Camera from view. Sekarang, kamera sudah siap....
12. Seleksi objek kotak, dan klik panel Modifier > Modifier List: Camera Map.
13. Di parameter camera map, klik tombol Pick Camera dan pilih kamera yang sudah disiapkan tadi di viewport.
14. Taraaa...... coba dirender gan. Sekarang material sudah merata pada objek. Tinggal tambahin variasinya saja.
15. Saya membentuk objek acak-acakan seperti gambar dibawah agar terlihat seperti puzzle. Dengan tambahan Plane dan lampu omni tentunya, hasilnya seperti ini...
Siap dech untuk di jadi’in Foto Sampul Facebook :v wkkwkwkw....
~Semoga Bermanfaat & Selamat
Mencoba~.
Anda sedang membaca artikel tentang Camera Map 3D Max dan anda bisa menemukan artikel Camera Map 3D Max ini dengan url http://idzoneeducation.blogspot.com/2013/08/camera-map-3d-max_5652.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Camera Map 3D Max ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Camera Map 3D Max sebagai sumbernya.