Membuat Rumput di 3D Max

|| || || Leave a Komentar
http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/1dmax17.jpg Hai sobat IndoZone..!! Kali ini kita akan memperdalam ilmu 3d max lagi, kali ini kita akan membuat rumput.
Sebelumnya buka dulu software 3D Max-nya
NB : Dalam tutorial ini, disarankan menggunakan 3D Max versi 8 keatas



Cara membuatnya:

1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane .

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/2dmax17.jpg

2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create
http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/3dmax17.jpg


3. Buka tab Modify

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/4dmax17.jpg


4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah.

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/5dmax17.jpg


5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah
http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/6dmax17.jpg

6. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/7dmax17.jpg


7. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah)

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/8dmax17.jpg


8. Klik pilihan Hair and Fur (WSM).
http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/9dmax17.jpg


9. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/10dmax17.jpg

10. Memilih warnanya seperti pada panduan gambar berikut
http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/11dmax17.jpg


11. Setelah selesai, Anda klik menu Rendering>Render

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/12dmax17.jpg

12. Klik tombol Render

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/13dmax17.jpg

13. TARAAAA!! Sekarang Rumpunya sudah tumbuh dan berambut :D

http://www.ilmugrafis.net/3dmax/3dmax17/14dmax17.jpg

~Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba~

Camera Map 3D Max

|| || || Leave a Komentar
http://3.bp.blogspot.com/-M5qyyw8vwIM/T_JIjVsiDEI/AAAAAAAAAoI/ij6WI_U-p08/s400/render3+copy.jpgHai sobat IndoZone..!!! Bagaimana kabar kalian..?? J Kita akan belajar 3D Max lagi. Tutorial kali ini adalah “Camera Map”. Dalam tutorial ini, kita akan memfaatkan fitur Modify Object pada 3D Max. Modify yang kita gunakan kali ini adalah Modifier Camera Map.

Hasilnya bisa di lihat di gambar samping berikut ini. Penasaran bagaimana cara membuatnya...??? Langsung ke TKP J







Langkah-langkah :

1. Buat sebuah box kecil nan tipis seperti gambar dibawah. Ukuran lebih detilnya, saya mengaturLength=15, Width=15, dan
 height=1,5.

http://4.bp.blogspot.com/-oJrE43JRwJQ/T_JIJ2oeenI/AAAAAAAAAmY/le2lvwqwiss/s1600/02.gifhttp://1.bp.blogspot.com/-9-sqtchVRzQ/T_JII5_DnQI/AAAAAAAAAmQ/1Dlf1nKCdaQ/s400/01.gif


2. Nah, duplikat objek kotak tersebut agar membentuk kotak yang lebih besar lagi. Untuk meng-copy objek, drag objek pada sumbu x sambil menahan tombol Shift pada keyboard. Pada jendela Clone Option yang muncul, atur nilai
 number of copies=7.

http://2.bp.blogspot.com/-wb2swmHfYuE/T_JILZGfNII/AAAAAAAAAmg/YynljSTz9uA/s400/03.gif

 3. Seleksi semua objek dan copy lagi seperti cara diatas agar membentuk sebuah kotak.

http://1.bp.blogspot.com/-TSNap6sRjQU/T_JIM1bvx8I/AAAAAAAAAmo/mAZZUR5aFK0/s400/04.gif

 4. Di viewport perspektif, hasilnya adalah seperti ini:

http://3.bp.blogspot.com/-RGx0ETMG92I/T_JIOL-KVWI/AAAAAAAAAmw/ojF8ko0gYbg/s400/05.gif

 5. Objek tersebut masih belum menyatu. sebelum menyatukannya, ubah salah satu kotak menjadiEditable Mesh. Caranya, klik kanan salah satu kotak
 > Convert to > Convert to Editable Mesh. 


http://4.bp.blogspot.com/-VqRROFR_vM4/T_JIP7jM0TI/AAAAAAAAAm4/TulztqA7Jd0/s400/06.gif

 6. Pada
 Modifier Editable Mesh, klik tombol Attach List.

http://4.bp.blogspot.com/-YL3X7ERiNVM/T_JIRJJYZvI/AAAAAAAAAnA/sp8jZNu62rQ/s1600/07.gif

 7. Pada jendela Attach List yang muncul, seleksi semua objek dan klik tombol Attach.

http://2.bp.blogspot.com/-WE9ytw-_no8/T_JISUH1dqI/AAAAAAAAAnI/EP2F8MwBR3o/s320/08.gif

8. Klik tombol M pada keyboard untuk membuka jendela Material Editor. Pilih pada slot pertama, dan pada Diffuse, klik tombol dan pilih bitmap. Silahkan pilih gambar sesuai selera agan untuk dijadikan material. Kalau saya pilih gambar elang gan...

http://3.bp.blogspot.com/-npZEh4mEB1c/T_JIUlLa9nI/AAAAAAAAAnQ/lJr1Ftmf5R4/s400/09.gif

9. Coba drag slot pertama ke objek di viewport. Nah, seperti yang sudah saya bilang diatas, tekstur bakal menempati masing-masing elemen saja. Solusinya, tambahkan
 Modifier list: Camera Map.

http://4.bp.blogspot.com/-GmcZ6Rimq-w/T_JId3Az7EI/AAAAAAAAAn4/2nQdaMYnDMY/s400/render1.jpg

10. Eits, Sebelum menambahkan Camera Map, buat cameranya dulu gan. Di viewport Top, tekan tombol P untuk menggantinya dengan perspektif.

http://3.bp.blogspot.com/-COq6JTQQfIo/T_JIVwLrPtI/AAAAAAAAAnY/CnLNeHsMWyo/s400/10.gif

11. Pada menu
 View > Create Camera from view. Sekarang, kamera sudah siap....

http://3.bp.blogspot.com/-E4ugEDACNok/T_JIXUeiCgI/AAAAAAAAAng/QRZxgjiVM00/s400/11.gif

12. Seleksi objek kotak, dan klik panel
 Modifier > Modifier List: Camera Map.

http://3.bp.blogspot.com/-mSlGWWZlHXw/T_JIYRpcc6I/AAAAAAAAAno/S0loAzHDtd4/s1600/12.gif

13. Di parameter camera map, klik tombol
 Pick Camera dan pilih kamera yang sudah disiapkan tadi di viewport.
http://1.bp.blogspot.com/-6gswfyAkBrs/T_JIZp3CLaI/AAAAAAAAAnw/gx5EgJ8j9C0/s400/13.gif

14. Taraaa...... coba dirender gan. Sekarang material sudah merata pada objek. Tinggal tambahin variasinya saja.
http://4.bp.blogspot.com/-iE4KtPmA_gE/T_JIhatG4hI/AAAAAAAAAoA/kpFkznSQg50/s400/render2.jpg

15. Saya membentuk objek acak-acakan seperti gambar dibawah agar terlihat seperti puzzle. Dengan tambahan Plane dan lampu omni tentunya, hasilnya seperti ini...

http://3.bp.blogspot.com/-M5qyyw8vwIM/T_JIjVsiDEI/AAAAAAAAAoI/ij6WI_U-p08/s400/render3+copy.jpg

Siap dech untuk di jadi’in Foto Sampul Facebook :v wkkwkwkw....



~Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba~.

Membuat Animasi Dengan CorelDraw

|| || || Leave a Komentar
Hai sobat..!! Kali ini penulis akan menjelaskan tutorial cara membuat animasi pada coreldraw. Dalam tutorial kali ini, kita memakai 2 software yaitu Corel Draw dan Microsoft Gif Animator.

Yuk langsung saja kita ke TKP.




Pertama Buka program Corel Draw (jangan program yang lain :D)  kemudian kita perbesar tampilan lembar kerja dengan ukuran 800%.


Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

1. Aktifkan gridline dan bentuk ruang kerja dengan ukuran 1,5 X 3 Cm yang nantinya akan membantu kita untuk mengetahui seberapa besar ukuran image yang akan dibuat.

2. Buat bidang Ellipse dengan cara klik “Ellipse Tool” pada ruang gridline yang telah kita buat dan sesuaikan ukurannya. Kemudian klik “Convert to Curves ( Ctrl Q )” dengan tujuan agar bidang tersebut dapat diedit sesuai keinginan kita.

3. Dengan bantuan “Shape Tool (F10)” atur bidang tersebut dengan cara menggeser point (kotak hitam kecil ) atau anak panah yang muncul saat gambar tersebut kita klik.
Lihat Gambar :


4. Untuk Outlinenya kita isi “None”, kemudian klik “Fill Tool” untuk memberikan kombinasi warna pada bidang yang telah kita atur seperti di atas.


5. Atur komposisi warna sebagai berikut : Type = Linier > Angle = -158,5 >Edgepad = 5 % > Colorblend = Two Color > Form = Brick Red > To = White > Mid-Point = 35.

6. Buat bidang Elipse lagi seperti pada langkah no.2, tambahkan beberapa point dengan mengklik pada garis putus-putus dan atur sesuai keinginan kita.

7. Kemudian berikan kombinasi warna seperti pada langkah No.4 & No. 5 dengan komposisi sebagai berikut : Type = Linier >Angle = -50 > Edgepad =11 % > Form = Gold > To = White > Mid-point = 40. Hasilnya seperti ini :



8. Langkah selanjutnya membuat jemari. Buat bidang Ellipse dengan cara klik “Ellipse Tool” pada ruang gridline yang telah kita buat dan sesuaikan jemari. Kemudian klik “Convert to Curves ( Ctrl Q )” dengan tujuan agar bidang tersebut dapat diedit menggunakan “Shape Tool (F10)”. Untuk memutar bidang ellipse yang telah kita buat, klik 2X pada bidang tersebut. Setelah terbentuk bidang jemari berikan warna “Brick Red”. Seperti biasa Outline Widh = None.

9. Kemudian buat bias warna dengan membuat bidang Ellipse seperti pada langkah-langkah sebelumnya, dan atur komposisi pada Fountain Fill sebagai berikut : Type = Linier > From = Brick Red > To = White > Angle = 5 > Edgepad = 2 % > Mid-point = 72. Setelah terbentuk, group bidang jemari beserta biasnya, kemudian copi sesuai jumlah jari kaki kita. ( Ingat jangan lebih….. dikira kaki Jin Ifrid nanti ).

10. Edit masing-masing copian jemari tadi yang sebelumnya di ungroup dulu, sesuaikan dengan imajinasi kita. Lihat hasilnya seperti gambar berikut :


11. Copy gambar di atas dan paste sehingga kita mempunyai dua buah gambar seperti yang terlihat di atas. Kemudian kita akan membuat tulisan “Jejak-Ku” yang akan kita letakkan pada tengah salah satu gambar telapak kaki. Klik Ellipse Tool (F7) dan buatlah bidang ellipse, atur dan sesuaikan lengkungan tapak kaki. Langkah ini ditujukan agar model lengkungan huruf sesuai dengan lekukan telapak kaki.

12. Klik “Text Tool (F8) ” dan ketik huruf ” Jejak-Ku” dengan besarnya huruf disesuaikan dengan ruang yang ada pada telapak kaki.

13. Select gambar ellipse dan huruf kemudian pada menu bar, klik Text > Fit Text To Path.


14. Langkah untuk modifikasi huruf adalah sebagai berikut : Fit text to Path > Mirror Vertically > klik 1 X pada bidang > putar 180 derajat > Mirror horizontally > klik sembarang tempat > klik gambar dan atur pada posisi telapak kaki seperti gambar berikut :


15. Kemudian klik bidang Ellipse dan tekan Del. Atur tulisan “Jejak-Ku” sedemikian rupa sehingga sesuai dengan lekukkan telapak kaki. Untuk menggeser tulisan gunakan ” Pick Tool “.

16. Sekarang kita sudah mempunyai dua buah gambar, telapak kaki tanpa tulisan dan yang satunya telapak kaki dengan tulisan “Jejak-Ku”. Ambil kedua gambar tersebut dengan menggunakan Corel Capture X3 kemudian buka dengan Corel Photo Point X3 lalu Crop dan simpan dengan format GIF.

17. Langkah selanjutnya adalah membuat animasi dengan menggunakan Microsoft Gif Animator, bukalah program tersebut.


18. Klik Open File > ambil gambar telapak kaki tanpa tulisan ( Frame #1 ) > Insert (Ctrl- I ) > ambil gambar telapak kaki “Jejak-Ku” ( Frame #2 ) >tarik frame#1 ke arah frame#3 (proses copi ). Pada bagian animasi width dan Animasi Height ukuran harus sama dengan Image Width maupun Image Height. Pada Animasi centang Looping dan Repeat Forever, sedangkan pada Image di bagian Duration (1/100 s ) : isi 10.


19. Test hasilnya dengan mengklik “Preview ( Ctrl – R )”,



Hasilnya seperti tampilan di atas, apabila sudah puas silahkan di save.

Visi dan Misi SMK YPM 5 Sukodono

|| || || Leave a Komentar


Visi : 

        Menjadi SMK yang  berkualitas, unggul berlandaskan IMTAQ dan IPTEK  serta  menghasilkan tamatan yang mampu mengembangkan sikap profesional dan berbudi pekerti luhur.




Misi :


  • Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif.
  • Meningkatkan kualitas kompetensi  guru dan pegawai dalam mewujudkan standar  pelayanan minimal  (SPM).
  • Meningatkan kuantitas  dan  kualitas sarana dan prasarana   pendidikan dalam mendukung pengusaan IPTEK.
  • Meningkatkan kualitas  SDM dan kualitas pembinaan  kesiswaan  dalam mewujudkan IMTAQ   dan  Sikap kemandirian.
  • Meningkatkan kemitraan    dengan  DU/DI  sesuai  prinsip demand driven.
  • Memberdayakan lingkungan sekolah  dalam mewujudkan wawasan wiyata  mandala.
  • Secara terus menerus meningkatkan kualitas kemampuan para pendidik baik dari segi pengetahuan atas bidang studi manapun dari segi pengembangan diri.
  • Secara terus menerus mengembangkan fasilitas/alat bantu mengajar untuk menunjang kualitas pendidikan.
  • Mengembangkan pola berfikir positif dan logis untuk kemajuan bersma melalui pendidikan moral, etika dan semangat berkarya.
  • Menyelenggarakan karya pendidikan yang nebgintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untu diterapkan dalam bidang keterampilan atau kejuruan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas.
  • Secara terus menerus, bersama – sama dengan lembaga pendidikan lainnya mengembangkan kurikulum (struktur maupun materi) tepat sasaran pada setiap ketrampilan /jurusan.
  • Mewujudkan kebutuhan dunia usaha dengan para peserta didik dalam hal pemahaman ekspektasi masyarakat.
  • Mengembangkan kegiatan ekstras kurikuler sebagai sarana pengembangan diri peserta didik dan sebagai wahana untuk membina kemampuan berorganisasi, berkreasi, berkompetensi secara sehat dan memupuk rasa kebersamaan. 







Membuat Apel dengan Adobe Illustrator

|| || || Leave a Komentar

Hai sobat IndoZone...!! Bagaimana kabar kalian..?? Kali ini kita akan belajar "Membuat Apel dengan Adobe Illustrator ".

Sebelumnya kalian harus memilik dan tentunya sudah kalian instal software Adobe Illustrator di PC / Laptop kalian.

Langsung saja ke TKP...!! :)




# Membuat Mangkog / Wadah

      Buat jalan / path dan beri warna dengan warna kuning seperti gambar di bawah. Kemudian, pilih Effect> 3D> Revolve.



3D Revolve

Ketika 3D Revolve Option keluar, atur parameter sebagai berikut :

  • Klik pada More Options jika bagian bawah jendela tidak ditampilkan.
  • Buat cahaya baru dengan mengklik ikon New Light dan tarik dua lampu seperti yang ditunjukkan.
  • Setting Shading Color, pilih Custom dari menu drop, klik pada kotak warna sampel untuk membuka       jendela Color Picker, kemudian masukkan nilai-nilai warna ini ( R = 255, B = 50, G = 0).
  •  Jika Anda ingin campuran halus, ubah Blend Steps (default adalah 25, max adalah 256). Catatan : Kenaikan Blend Steps akan meningkatkan ukuran file dan penggunaan memori.




# Buat Apple

Buat jalur /path oval dengan Ellipse Tool dan beri warna hijau. Kemudian pilih path dan klik Efek> 3D> Revolve, biarkan semua pilihan dalam 3D Revolve Option sebagai default dan klik OK. Sekarang, Seperti gambar berikut :




# Drop Shadow

Tetap pilih path apel, pergi ke Efek> Stylize> Drop Shadow dan terapkan pengaturan seperti yang ditunjukkan di bawah ini :



# New Brush

Pertama, buatlah path  yang mirip dengan gambar di bawah, beriwarana hitam (k = 100), dan kemudian membuat path highlight dan beri warna 80% hitam (k = 80). Tarik ke jendela Library Brush untuk menciptakan New Brush. Jika Library Brush anda tidak muncul, pergi ke Window> Brushes atau tekan F5.



> New Art Brush Option
Munculkan Art Option Brush, pilih Tints dari  menu drop-down Colorization Method, biarkan semua default, dan klik OK.



# Batang Apel

Buat stroke path dengan Pen Tool dan pilih Brush Art yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya. Sekarang letakkan di atas apel seperti gambar di bawah ini.



# Duplikat Apel

Pilih apel (dengan batang), tahan tombol 'Alt', tarik untuk membuat salinannya / duplikat. Anda juga dapat menggunakan Copy & Paste untuk menduplikasi apel. Kemudian, mengubahnya menjadi merah.



# Sesuaikan 3D Revolve

Pilih apel merah (path oval saja). Dalam Appearance pallate, klik dua kali ikon 3D Revolve efek untuk menyesuaikan opsi / pengaturan. Jika jendela Appearance tidak ditampilkan, pergi ke menu dan klik pada Window> Appearance atau tekan Shift + F6.



> 3D Revolve Option
Kemudian pada jendela 3D Revolve Option. Masukkan nilai berikut: X = 57, Y = 63, Z = -159. Anda dapat mengubah nilai rotasi secara manual dengan memasukkan angka atau dengan menyeret kubus di sebelah kiri.



# Fix Batang Apel

Posisi batang, kita perhatikan sedikit berubah setelah Anda memutar apel. Pindahkan stroke batang ke pusat apel dengan menggunakan Selection Tool atau Direct Selection Tool.



# Tambahkan Lebih Banyak Apel

Membuat lebih banyak apel dengan mengulangi Langkah 7 sampai 9.



# Satukan Mangkog dan Apel

Masukkan apel kedalam mangkog seperti yang ditunjukkan. Membuat path / jalur berbentuk oval, dasar pada bentuk mangkuk.



# Mask

Pilih apel dan path / jalan oval saja, pergi ke Clipping Mask> Make atau tekan Ctrl +7.




# Final

Berikut gambar yang sudah jadi :